Cara Membuat Lampu Hias dan Tips Memilihnya Untuk Hunian

Cara Membuat Lampu Hias

Keindahan rumah bagi sebagian orang adalah sesuatu yang penting. Seberapa pun sibuk nya kita di luar, rumah merupakan istana milik kita tempat kita beristirahat, tak heran tidak sedikit orang yang membangun dan mendesain rumah nya dengan sangat indah dan mewah. Salah satu interior rumah yang cukup sering digunakan di dalam rumah untuk memperindah suasana rumah ialah lampu hias. Selain memperindah ruangan, beberapa penelitian mengungkap dengan cahaya lampu yang sesuai akan mampu menghilangkan stres dan memberikan efek relaksasi. Cara membuat lampu hias memang sederhana namun fungsi nya memang tidak sesederhana penerangan biasa.

Lampu hias biasanya menitikberatkan keindahan pada cahaya yang dihasilkan dan desain yang memanjakan mata. Dengan lampu hias yang sesuai ruangan rumah anda aka terlihat jauh lebih cantik dan berbeda. Jika anda termasuk orang-orang yang memiliki rumah baru atau baru saja tertarik memiliki lampu hias, berikut beberapa tips memilih lampu hias yang sesuai kebutuhan:

  1. Ukuran dan desain

Lampu hias memiliki ragam dan macam ukuran yang berbeda-beda. Beberapa ruangan memang cocok untuk menggunakan lampu hias ukuran yang besar, namun umumnya menggunakan ukuran lampu hias yang lebih kecil akan lebih indah dipandang mata. Bukan hanya ukuran yang menjadi pertimbangan keindahan lampu hias, desain yang indah dan sesuai juga berpengaruh. Usahakan desain lampu hias yang anda pilih sesuai dengan warna ruangan atau tema interior pada ruangan tersebut, jika ruangan anda memiliki tema ceria dan penuh warna pemilihan lampu berwarna kuning remang-remang dengan desain jadul bukan pilihan yang tepat.

  1. Kualitas bahan

Cara Membuat Lampu Hias

Lampu hias memiliki beberapa jenis bahan baku. Seperti kaca, plastik, Stainless steel, kristal, hingga bahan-bahan alami seperti kayu, rotan, atau bahkan daun. Untuk pemilihan bahan yang digunakan, sebaiknya memilih bahan yang tahan lama seperti, kaca, stainless, dan plastik, sementara bahan alami seperti kayu apalagi daun, meski memiliki nilai estetika yang cukup tinggi, bahan alami seperti itu tak tahan lama dan cepat rusak. Seperti misalnya konsep ruangan yang kalian terapkan adalah minimalis casual, tentu menggunakan bahan kayu atau bahkan kaca sedikit kurang sesuai, sebaik nya gunakan lampu hias dengan bahan dasar kayu yang cenderung padat, tegas, dan sederhana. Penggunaan lampu hias berbahan kaca lebih cocok di terapkan pada ruangan ber-konsep mewah dan berkilau.

  1. Posisi lampu

Posisi lampu akan diletakkan juga peru menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli lampu hias. Posisi lampu hias bisa diletakkan dimana saja, bukan hanya penunjang desain interior namun juga desain eksterior luar rumah. Sebagai gambaran, jika diletakkan di ruang tamu sebaiknya menggunakan lampu hias yang sederhana agar tidak mengganggu kenyamanan tamu saat berkunjung. Contoh lain misalnya saat hendak mencari lampu hias untuk taman depan atau belakang rumah, menggunakan lampu dengan bahan dasar yang kuat dan tahan dari segala kondisi cuaca apapun menjadi pilihan yang tepat.

  1. Budget

Namun, salah satu faktor yang paling dasar untuk diperhatikan adalah budget, bagaimanapun indahnya lampu hias tersebut, namun budget yang dimiliki tidak mencukupi, kalian juga tidak akan bisa membelinya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan lampu hias sesuai keinginan dengan harga sesuai badget adalah dengan mendesain dan membuat lampu hias sendiri, cara membuat lampu hias tidak sulit dan bisa dipastikan lebih murah namun membutuhkan kreativitas yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Membuat Lampu Tumblr dengan Mudah untuk Memperindah Kamar

Setidaknya, jika pertimbangan diatas sudah terpenuhi dengan baik, kalian sudah pasti akan mendapatkan lampu hias yang terbaik untuk keinginan dan kebutuhan anda.

Author: Hannah Jensen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *